My Holiday guide you to see the beauty of the West Borneo

Sepanjang Jalan Singkawang - Pontianak

Rabu, 27 Januari 2010


Sewaktu kususuri jalan dari Singkawang menuju Pontianak, banyak sekali hal-hal yang hinggap di kepalaku. Aneka macam ide berseliweran bagai walet yang terbang mencari makanan disore hari. Ide-ide ini muncul karena melihat banyaknya potensi wisata yang terdapat hanya di sepanjang jalan raya, Singkawang - Pontianak. Potensi itu tidak hanya pantai saja tetapi juga gunung dan sungai yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah daerah dan pelaku bisnis wisata.

Saat kendaraan yang saya pergunakan mulai meninggalkan kota Singkawang, mulai tampak apa yang bisa dikembangkan sebagai potensi wisata di daerah ini. Bukit-bukit kecil yang memiliki ketinggian beberapa ratus meter dari permukaan laut dan masih ditumbuhi oleh pepohonan yang besar dan rimbun sudah tentu menjadi daya tarik tersendiri. Berdasarkan keadaaan kontur alam ini wisata yang dapat dikembangkan ialah pembuatan lokasi tracking. Disamping sebagai tempat wisata lokasi tracking ini juga bisa merupakan sarana olah raga keluarga. Keluarga dapat berkumpul bersama dan melakukan aktivitas luar rumah yang menyehatkan. Sekali lagi murah meriah dan badanpun sehat.

Tidak terasa 15 menit waktu telah berlalu dan kendaraanpun sudah sampai di desa Sedau. Di desa ini terdapat lokasi wisata Sinka Island Park dan Pantai Teluk Mak Jantuk. Sinka Island Park merupakan sebuah lokasi Wisata yang tampak sekali memiliki sebuah perencanaan yang sangat baik. Resort ini memiliki kebun binatang dan sarana hiburan lainnya yang sudah baik ( jangan bandingkan dengan Ancol yang sudah lama dan bermodal besar ). Untuk wilayah KalBar Sinka Island Park Resort merupakan tempat wisata yang terbaik penataannya. Dan di tidak jauh dari lokasi ini terdapat sebuah pantai yang juga sering dikunjungi oleh masyarakat Singkawang untuk berpiknik sekaligus memancing yaitu Pantai Teluk Mak Jantuk. Hanya sayangnya belum dikembangkan.

Sekitar seperempat dari Sedau maka akan kita temukan deretan pantai yaitu Pantai Pasir Panjang Indah, Taman Wisata Rindu Alam, Pantai Kura-Kura, Pantai Batu Payung dan Pantai Karang Gosong. Pantai-pantai ini sangat indah, berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Menurut hemat saya pantai-pantai yang ada di sini lebih bagus dari pada Pantai kuta maupun Sanur serta Nusa Dua di Bali. Hanya karena kurang promosi dan penataan yang membuat potensi yang ada kurang berkembang.

Di jalan yang letaknya bersisian dengan tepi laut tepatnya di daerah Sungai Raya, dapat kita temukan potensi wisata yang sangat besar. Di sisi jalan raya ini dapat kita lihat laut Cina Selatan dan bila kita berada di sini pas diwaktu matahari terbenam maka kita akan dapat menikmati suasana indah yang sangat nyaman. Menikmati sunset dan hembusan angin laut sambil minum kopi hangat atau buah kelapa muda. Waaww sangat mengasikkan.

Melanjutkan perjalanan sambil menikmati suasana dan pemandangan yang ada tak terasa sudah sampai di sampai kota Mempawah yang memiliki beberapa seugai yang besar. Kembali otak iseng saya terusik. Bukankah ini juga merupakkan potensi wisata yang cukup besar? Terbayangkan di benak saya suasana sambil minum kopi atau es kelapa muda sambil menaiki kapal berleha-leha. Menyusuri sungai menggunakan kapal motor sambil tiduran atau makan-makan. Persis di Thailand dengan wisata sungainya. Semoga ini nantinya bukan sebuah khayalan saja.

Sementara kendaraan terus berjalan tak terasa sudah memasuki wilayah kota Pontianak yang dibelah oleh sungai Kapuas dan Landak. Saat melintasi jembatan sungai Kapuas dan Landak ini terbayang lagi suasana duduk di atas kapal sambil bersenda gurau. Saat malam menikmati panorama dan suasana sungai Kapuas sambil melihat keindahan kerlipan cahaya lampu kapal motor yang lewat ataupun cahaya dari rumah yang terletak ditepiannya seperti kunang-kunang yang berterbangan sungguh menggugah perasaan. Pun saat siang tau malam kita dapat menyusuri tepian sungai ini untuk menikmati keindahannya.

Akhirnya sampailah saya di rumah sambil memikirkan ide saya tadi yang keseliweran dibenakku. Semoga hal yang terpikirkan tadi disadari oleh Pemerintah daerah dan pelaku bisnis wisata untuk segera mengembangkannya.

0 comments:

Posting Komentar

Labels

anggrek hitam (1) Antu gergasi (1) bakpao (1) bakul (1) bambu (1) baning. Nephentes (2) barongsai (3) baronsai (1) batik (2) batik Tidayu (2) bawang putih (1) Bengkayang (1) bengkuang (1) beras ketan (1) betang (1) Bidayuh (1) bika (1) bokor (1) Borneo (1) buah golau (1) bubur (1) bubur gunting (1) bukit kelam (1) cakkue (1) cap go meh (2) cerita dayak (1) cerita rakyat (1) Cucur (1) cuisine (1) daging babi (2) daun pandan (1) daun pisang (1) Dayak (14) Dayak Jangkang (1) dayak mualang (1) Dayak Ngaju (1) Dayak pesaguan (1) Dewi Kwan Im (1) doa bapa kami (1) dwikora (1) ensaid panjang (1) es jeruk nipis (1) Festival (1) garam (1) gima (1) giring-giring (1) gula merah (4) gula pasir (2) gunung (2) ham pan (1) handcraft (12) hukum adat (2) hutan (2) Iban (1) ibanik (1) ikan (1) imlek (1) Jubata (1) juhi (1) kacang tanah (1) kain (2) Kalbar (10) Kalimantan Barat (33) kanayat'n (1) kantong semar (1) kantong semarm sintang (3) kapuas (2) katak (1) kayau (1) kelenteng (1) kelepon (1) kendayan (1) kerajinan tangan (8) keranjang (1) ketan (1) ketapang (1) ketupat (1) kue (8) kue bongko (1) kue dadar gulung (1) kue getuk ubi (1) kue Hu (1) kue kelepon (2) kue lapis (1) kuetiau (1) kuil (1) kuliner (2) lamang (1) lampion (1) landak (1) laut (1) leluhur (1) lezat (1) lila (1) lotos (1) makanan (4) manik-manik (5) Manisan (2) manuhir (1) Melayu (4) mengayau (1) mietiau (1) muri (1) naga (4) nenas (1) Ngaju (1) Nyobeng (1) Oleh-oleh (2) oncoi (1) our lord prayer (1) Pahuni (1) pakaian adat (5) pandan (1) panggang (1) pangkong (1) pantai (2) parutan kelapa (2) pati nyawa (1) peci (2) Pekong (2) penganan (1) Pengkang (1) petis (1) pewarna makanan (1) pisang goreng (1) Pontianak (4) pulut (1) ragi (1) resort (1) rujak (1) rumah adat Dayak (1) Rumah panjang (1) santan (2) sapek (1) Sekadau (1) serampang (1) singa (1) singgkawang (2) singkap mangkok (1) singkar (1) Singkawang (44) singkop (1) Sintang (3) sola (1) songkok (2) sotong (1) sungai (3) Supadio (1) tael (1) tajau (2) Tampung (1) tape (1) tathung (1) Tatung (2) telur (1) tempayan (2) Temple (2) tengkorak (1) tenun ikat (4) tenun traditional (1) Teping kanji (1) tepung beras (3) tepung beras ketan (1) tepung gandum (1) tepung terigu (1) thiam pan (1) timun (1) tionghoa (4) Toa Pekong (1) traditional (1) tuak (1) Tumpi (1) Tumpik (1) ubi kayu (1) udang (1) upacara (1) vanili (1) vihara (3) wajik (1) wajik ketan (1) wisata (1)

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP